EXPLORING THE POTENTIAL OF TOURISM AND MARKETING STRATEGIES TO IMPROVE THE ECONOMY IN JAYAWIJAYA REGENCY, PAPUA
Kata Kunci:
Potensi Pariwisata; Strategi Pemasaran, Meningkatkan Ekonomi, Potensi WisataAbstrak
Jayawijaya adalah area yang memiliki budaya tradisional yang masih ada di era globalisasi saat ini dan secara resmi berusia 65 tahun pada 10 Desember 2021. Sebagai salah satu kabupaten di wilayah pegunungan pusat, itu harus dapat bersaing dengan kabupaten lain
dan kota, terutama dalam hal pariwisata. Kontradiksi yang telah dirasakan dalam dekade
terakhir, yaitu Jayawijaya, tampaknya telah kehilangan daya tariknya bagi masyarakat setempat dan wisatawan asing untuk dikunjungi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengeksplorasi potensi pariwisata yang berorientasi pada nilai-nilai kearifan lokal dan
pelestarian lingkungan dan budaya, yang didasarkan pada masyarakat setempat (pariwisata
berbasis masyarakat), termasuk strategi pemasaran objek pariwisata untuk menyediakan
Manfaat ekonomi bagi masyarakat dalam jangka panjang. Secara khusus, penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami beberapa hal untuk merumuskan strategi dalam
memecahkan masalah potensi pariwisata yang kompetitif dan berkelanjutan.