UPAYA GURU SDT NURUL HIDAYAH DALAM MEMBERIKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PESERTA DIDIKNYA

Penulis

  • kaharuddin UNIVERSITAS AMAL ILMIAH YAPIS WAMENA
  • St Aminah Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena

Kata Kunci:

Alquran, Guru, Membaca, Iqra

Abstrak

Salah satu prioritas SDT Nurul Hidayah dalam memadukan Kurikulum Pendidikan Nasional adalah bagaimana setiap anak yang lulus di sekolah ini mampu membaca dan mempunyai hafalan Al-Qur’an minimal 1 juz. Menghafal Al-Qur’an tentunya sulit terwujud bilamana anak belum bisa membaca Al-Qur’an. Sulitnya mengajar Al-Quran bagi anak-anak merupakan hal yang lumrah. Diantara kesulitan anak-anak dalam membaca Al-Qur’an adalah membaca ayat-ayat panjang. Kesulitan itu disebabkan karena ilmu tajwid belum diajarkan pada level dasar. Oleh karena itu pendidik terlebih guru PAI harus menggunakan bermacam macam strategi dengan macam cara yang pas, efektif, ketika membimbing cara membaca Alqur’an. Strategi digunakan sebagai upaya untuk mencapai tujuan, termasuk juga metode pengajaran. Metode inilah sebagai jalan untuk mengaplikasikan dan mengimplementasikan daftar rencana pembelajaran yang akan ditranfer ke peserta didik. Penelitian ini untuk mengetahui secara gamblang dan pasti bagaimana Upaya guru SDT Nurul Hidayah dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an terhadap peserta didiknya, Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatf dengan menggunakan pendekatan deskriftif-analitik. Setelah mengumpulkan data dari berbagai sumber penulis menemukan bahwa Upaya guru SDT Nurul Hidayah dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an terhadap peserta adalah menentukan tujuan yang akan dicapai, kerja sama yang baik antara guru SDT Nurul Hidayah, menentukan materi, menentukan metode, memberikan dorongan kepada siswa untuk belajar, mengadakan rapat evaluasi, dan memberikan hafalan surah pendek.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-11

Cara Mengutip

kaharuddin, & Aminah, S. (2022). UPAYA GURU SDT NURUL HIDAYAH DALAM MEMBERIKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PESERTA DIDIKNYA. JURNAL HONAI, 1(1), 5-12. Diambil dari https://honai.unaim-wamena.ac.id/index.php/honai/article/view/2

Terbitan

Bagian

Artikel